Animasi Efek Kembang Api

Jumat, 23 Mei 2014

Collaborative Learning by Dian Maya Nurita, CLT by Fahrizal Fadhil, Cooperative Language Teaching by Maulina


Maya menjelaskan tentang Collaborative Learning yaitu sebuah metode yang didalam nya membentuk sebuah grup, belajar bersama-sama dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Manfaat dari metode ini yaitu sosialisai antar siswa terbangun, membagi tugas, meberi umpan balik dan bisa menarik kesimpulan yang berbeda dari setiap siswa. Guru berperan sebagai fasilitator atau media penyampaian informasi sedangkan siswa sebagai pengkritik dari sebuah masalah yang disampaikan oleh guru. Keuntungan metode ini lebih mudah menggabungkan siswa, bisa berbagi pengalaman antar siswa, bisa berbagi ide dan memberikan kritikan yang positif. Kekurangan dari metode ini ada beberapa yaitu, proses pembelejaran ini memakan waktu yang lama, kemungkinan menimbulkan pendapat ketidaksetujuan yang relatif besar dan suasana kelas menjadi tidak hidup..



Penjelasan dari saudara Maya cukup baik dan jelas…













Metode yang dijelaskan oleh Fadil yaitu CLT (Communicative Language Teaching), saya dapat menyimpulkan yaitu metode yang digunakan didalam kehidupan nyata sebagai kebutuhan didalam berkomunikasi, CLT adalah sebuah pendekatan untuk pengajaran bahasa yang menekankan interaksi baik sebagai sarana dan tujuan akhir dari penelitian. Peran guru didalam metode ini sebagai fasilitator atau manajer dari sebuah aktifitas kelas, sebagai pemberi nasehat dan membantu memecahkan permasalahan siswa. Manfaat metode ini, kelas menjadi lebih nyaman dan bersahabat, memudahkan motivasi siswa dalam belajar, tanpa menghapal siswa dapat belajar dengan cepat. Mendukung pendekatan yang lebih kreatif dalam belajar, membantu siswa dalam mengembangkan kefasihan dan ketetapan dalam berbahasa.



Penjelasan nya cukup baik dan jelas, beliau juga mampu menjawab beberapa pertanyaan dari teman kami. Saya rasa cukup baik.











Saya dapet menyimpulkan dari yang saudari Maulina sampaikan tentang Cooperative Language Teaching atau Pembelajaran Kooperatif yaitu metode yang bergantung pada peserta didik kelompok kecil, metode ini menyediakan cara bagi peserta didik untuk belajar keterampilan yang lebih hidup yang penting mampu mengembangkan kemampuan interpersonal untuk bekerja sama, pembelajaran kooperatif dapat diterapkan untuk hampir semua tugas dalam berbagai kurikulum untuk segala usia peserta didik. Ada beberapa elemen penting dalam metode ini yaitu, ketergantungan yang positif, interaksi secara langsung antar siswa, akuntabilitas individu dan kelompok, keterampilan interpersonal dan kelompok kecil, kelompok pengolahan lebih terinci.


Penjelasan dari pemateri cukup baik, karna sebelum menjelaskan beliau memberi simulasi yaitu mengajarkan tentang Teks Descrivtive yang bisa dikaitkan dengan metode yang diajarkan beliau tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar