Animasi Efek Kembang Api

Selasa, 27 Mei 2014

Blended Learning and Role Play by Syahyar Ridhana putra and Silent Way by Syahrial




Dari penampilan Syahyar saya dapat menyimpulkan tentang Blended Learning bahwa metode ini menggunakan komputer dan internet sebagai media didalam pembelajaran, belajar dengan bertatap muka secara online namun tetap sesuai dengan arahan yang diberikan oleh guru. Ada beberapa keuntungan dari metode ini yaitu tetap membuat siswa fokus walaupun dalam waktu jangka panjang, membuat siswa lebih aktif didalam belajar. Didalam metode ini siswa memiliki banyak pilhan kapan dan dimana mereka akan belajar.  

Sedangkan untuk metode Role Playing yaitu sebuah metode yang mengajak siswa aktif didalam kelas, karna arti dari kata role playing sendiri bermakna bermain peran, jadi disini siswa dituntut untuk aktif dan berpartisipasi didalam kelas sesuai dengan apa yang guru perintahkan. 

Penjelasan dari saudara Syahyar cukup baik, di akhir penjelasan beliau memberikan sebuah simulasi penggunaan metode tersebut, namun ada bagian-bagian yang kurang dimengerti, tapi untuk keseluruhan cukup baik dan jelas penjelasan nya.










Kesimpulan yang dimaksud dengan metode “silent way” yaitu belajar dengan cara keheningan dengan maksud agar belajar bisa menjadi lebih fokus dan sangat optimal dalam menyerap pelajaran yang diambil. Metode ini sangat efektif bila diterapkan oleh guru didalam kelas, karna guru bisa melihat keadaan kelas yang hening dan dapat menemukan apa penyebab bila kelas tersebur ribut. Metode ini memliki kekurangan yaitu, peserta didik akan mengalami komunikasi bahasa yang buruk di dalam kelas karna terlalu diam dan kaku, materi yang diajarkan akan banyak kendala salah satu nya gagal karna tidak memenuhi kriteria yang diinginkan. Selain kekurangan nya ada juga beberapa kelebihan nya yaitu, kelas menjadi lebih hidup karna siswa dituntut untuk kreatif dalam mebangun susasan kelas. 

Penjelasan dari pemateri sangat jelas, diakhir penjelasan nya dia memberikan semacam games,jadi kami waktu itu membentuk lingkaran yang diinstruksikan untuk menebak warna pulpen yang ia pegang dengan cara memejamkan mata dan menebak nya dengan cepat. Saya rasa penejlasan nya cukup jelas dan bisa dimengerti.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar