Animasi Efek Kembang Api

Kamis, 29 Mei 2014

CBLT by Suryani and Community Language Learning by Syarifah karmila Sari



Dari penyampaian pemateri saya dapat menyimpulkan bahwa CBLT adalah sebuah metode yang berfokus kepada apa yang diharapkan oleh siswa sebagai peserta didik. Metode ini diperkenalkan pada tahun 1970 di Amerika Serikat. CBLT merupaka metode yang mengacu kepada penjelasan ilmu pengetahuna, kemampuan siswa serta tingkah laku nya. CBLT sebagai teori dalam berbahasa dan pembelajaran bahasa, yang berpola silabus yang didalam nya terdapat peranan guru dan siswa.
Mengapa kita harus menggunakan CBLT ? Karena, CBLT menyediakan daftar kompetensi dalam setiap situasi, juga menyangkut keberbagai bidang atau kompetensi yang dibutuhkan, menggambarkan berbagai aktifitas disetiap kompetensi yang berbeda. Materi yang digunakan dalam metode ini berupa teks, penilaian tugas, dan kemampuan siswa dalam menulis dan membaca. 

Penjelasan  dari Suryani cukup jelas, namun bahsa ynag digunakan sangat sulit dimengerti, saran untuk pemateri, ketika presentasi sebaiknya menggunakan bahsa yang mudah dipahami, jadi audience leih mudah mengerti..





Dari penampilan Syarifah saya dapat menyimpulkan bahwa Community Language Learning adalah sebuah metode yang diperkenalkan oleh Charles A Curran. Teori nya adalah pendekatan manusiawi ( siswa sebagai mahluk keseluruhan), suara dasar dan pola gramatikal dibangun, ini adalah metode yang bagus untuk kemampuan berbicara dan mendengarkan dan komunikasi sebagai kunci dari metode ini. Materi yang digunakan dalam metode ini buku, tetapi tidak terlalu di pertimbangkan sebagai kebutuhan pengajaran dan biasa nya materi ajar bergantung kepada kebutuhan siswanya. Hubungan antara guru dan siswa, guru sebagai konselor dan siswa sebagai klien. Metode ini  menciptakan hubungan yang akrab antara guru dan siswa. siswa tidak perlu merasa canggung untuk menanyakan persoalan yang mereka tidak tahu dan menjalin komunikasi yang lancar.
Penjelasan dari pemateri saya rasa sangat bagus, dijelaskan dengan suara yang lantang dan bersemangat, jadi audience lebih mudah mengerti. Di akhir presentasi nya juga ia memberikan sebuiah simulasi yang cukup menarik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar