Animasi Efek Kembang Api

Jumat, 13 Juni 2014

Tugas RPP (Method of Teaching English)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan
(RPP)


Nama Sekolah                        : SMAN 1 LANGSA
Kelas/semester                        : X/2
Nama Pelajaran                     : B. Inggris
Skill/Fokus                             : Membaca
Alokasi waktu                         : 2x45 menit

I.          Standar kompetensi

Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

II.        Kompetensi dasar
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.

III.      Tujuan pembelajaran
1. Kognitif
Produk            : Mengidentifikasi informasi yang terdapat didalam Analytical Exposition
Proses              : Mengidentifikasi makna dan tujuan dari Analytical Exposition

2. Psikomotor
   1. Membaca pengertian Analytical Exposition
   2. merespon dan memahami makna dari Analytical Exposition

3. Afektif  (karaketristik social dan individu)
   Karakter:
1.      Ikut serta dalam setiap aktifitas pembelajaran selama dalam proses pelajaran.
2.      Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap:
1.      Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
2.      Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
3.      Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
4.      Berkomunikasi dengan baik, atau apa yang harus di ucapkan, dimana dan kepada siapa.
5.      Berpendapat secara baik dalam diskusi.

IV.     Indikator
1.   Kognitif
Produk        :Mengidentifikasi informasi yang terdapat didalam Analytical            Exposition
Proses         : Mengindentifikasi makna dan tujuan dari Analytical Exposition

2.   Psikomotor  
1. Membaca pengertian Analytical Exposition
2. merespon dan memahami makna dari Analytical Exposition

3. Afektif  (karaketristik social dan individu)
   Karakter:
3.      Ikut serta dalam setiap aktifitas pembelajaran selama dalam proses pelajaran.
4.      Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap:
6.      Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
7.      Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
8.      Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
9.      Berkomunikasi dengan baik, atau apa yang harus di ucapkan, dimana dan kepada siapa.
10.  Berpendapat secara baik dalam diskusi.

V. Mode of Learning:
Method: Learning Strategy Training and Classroom Management

VI. Learning Material
Analytical Exposition
Purpose:
·         To persuade by presenting arguments
·         To analyse or explain ‘how’ and ‘why’

Text Organization:
·         A thesis
·         Arguments
·         Reiteration

Language Features:
·         Emotive words (e.g.; alarmed, worried)
·         Words that qualify statements (e.g.; usual, probably)
·         Words that link arguments(e.g.; firstly, however, on the other hand, therefore)
·         The use of the present tense
·         The use compound and complex sentences

VII. Media :
Picture and Teks

VIII.       Teaching-Learning Activities:
Activity
Number
Description
Time
Allocation

Kegiatan awal

1.
Guru memulai pelajaran dengan memperlihatkan gambar  yang bertuliskan “Why I Learn English Language”  dan siswa diajak berpikir tentang kalimat tersebut, dan guru menyuruh siswa mencari makna dariapa yang dimaksud dengan kalimat tersebut.
Guru memberikan teks yang berjudul “ The Important of English Language”, dan siswa membaca dengan nyaring dengan intonasi yang jelas.
                       


15 menit

Kegiatan Inti

1.
Guru memulai menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibicarakan yaitu penjelasan Analytical  Exposition.

15 menit
2.
Guru memberi instruksi kepada siswa untuk membuka buku Look Ahead 2 hal 92 pada point B yang merupakan teks narrative, guru dan siswa membaca teks tersebut, lalu menerjemahkan nya dan siswa diharuskan menemukan thesis, argument, dan reiteration pada teks tersebut.
Guru kembali meyuruh siswa membuka buku Look Ahead 2 pada hal 93 untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan teks tersebut.
Setelah siswa menyelesaikan tugas nya, siswa kembali membuka buku Look Ahead 2 hal 102 pada unit Imembaca nya dan melengkapi surat dengan petunjuk yang ada dibuku tersebut.




45 menit

Kegiatan Akhir

1.
Siswa kembali membuka buku Look Ahead 2 pada hal 103, dengan Judul “Remember”, dengan instruksi siswa harus membaca dan memahami inti penjelasan pada unit tersebut.



15 menit
2.
Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang  Analytical  Exposition.
3.
Guru memberikan siswa tugas atau PR pada hal 104 unit J di buku Look Ahead 2, yang harus dikerjakan oleh siswa.



   




IX.Sumber Pembelajaran:
·      Look Ahead 2, halaman 92-104

X. Evaluation:

B. FIRST CHALLENGE. Read the following text. Pay attention to its structure. Then, answer the questions.

Being Fat Matters
 
    Do you know if you are too fat, you may have serios problem with your health.? A group of doctors wrote a report about some of the effects of too much fat.
    One important effect is on the heart. If you are fat, your heart has to work harder. This may lead to a heart attack; or it may lead to other heart problem.
     In addition, extra fat can also change the amount of sugar in your blood. This can cause serious disease such as diabetes.
    Furthermore, high blood pressure is another possible result of being fat.
    More studies are needed about all these problems. But one thing is clear, extra fat may make your life shorter.  



FIND OUT:

THESIS:
………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………...
ARGUMENTS:
………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………….
REITERATION:
……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………..

1. What will happen to your heart if you are too fat ?
2. Is there any effect on your blood if you are too fat ? What is its ?
3. The conclusion of all the facts is that extra fat can reduce your…..
4. What is the purpose of the writer in this article?

XI. Assessment:
ASPEK
SKOR
TOTAL
50
60
70
80
1. Fluency





2. Accuracy





3. Pronounciation





4. Intonation






Keterangan :
1. Fluency
   50 : Bila terjadi hesitasi
   60 : Lancar, tetapi masih ada hesitasi
   70 : Lancar
   80 : Sangat lancar

2. Accury
   50 : Semua ucapan tidak dapat dipahami
   60 : Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
   70 : Sebgian besar ucapan dapt dipahami
   80 : Semua ucapan dapat dipahami

3. Pronounciation :
   50 : Hampir semua ucapan tidak benar
   60 : Sebagian kecil ucapan benar
   70 : Sebagian besar ucpan benar
   80 : Semua ucapan benar

4. Intonation :
   50 : Tekanan/irama semua kata salah
   60 : Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
   70 : Tekanan/irama sebagian besar kata benar
   80 : Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar



Mengetahui                                                                         Langsa, 13 Juni 2014
Kepala Sekolah                                                                   Guru Bidang Study



Khairunisa, Mpd                                                                 Surya, S.Pd.i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar