Animasi Efek Kembang Api

Sabtu, 07 Juni 2014

Task Based instruction by Eva Ratna Sari and The Grammar Translation Method by Nurisma



Task Based Instruction merupakan salah satu metode pengajaran, berbeda dengan metode yang lebih tradisional lainnya metode ini khusus untuk pengajaran bahasa dalam menjalankan tugas struktur dan kosa kata tertentu. Ada beberapa keuntungan pada metode ini yaitu, sesuai atau cocok, bisa digunakan sebagai bahan materi didalam belajar karna sangat baik untuk belajar bahasa, metode ini juga bisa dikombinasi dengan metode traditional lainnya. Sedangkan kelemahanya yaitu, 
Membutuhkan tingkat kreatif dan inisiatif yang tinggi, kurang nya motivasi dan komitmen para siswa terhapa pelajaran, siswa tidak merasakan kenyamanan ketika belajar diluar ruangan, kurangnya interaksi antar guru dan siswa. Jadi apabila kita sebagai guru menerapkan metode ini, kita harus menekankan kepada siswa kita untuk selalu membawa buku pelajaran karna buku pelajaranmeruapakan aspek yang paling penting dalam proses belajar itu sendiri.
Penjelasan nya kurang menarik, beberapa bahasa nya sulit dipahami, pemateri menjelaskan nya kurang semanagat sehingga kami tidak terlalu mengerti.  Tetapi secara keseluruhan cukup baik.




Kesimpulan dari penjelasan Nurisma yaitu, The Grammar Translation Method, metode yang awalnya digunakan untuk mengajarkan bahasa 'mati' (dan sastra) seperti bahasa Latin dan Yunani. Karakteristik dari metode ini adalah fokus pada belajar aturan tata bahasa dan penerapannya dalam teks terjemahan dari satu bahasa ke yang lain. Siswa belajar aturan-aturan tata bahasa dan kemudian menerapkan aturan-aturan dengan menerjemahkan kalimat antara bahasa sumber dan bahasa ibu mereka. Kekurangan metode ini, metode ini memberikan siswa ide yang salah dari bahasa apa dan dari hubungan antara bahasa tersebut, menganggap bahasa yang hanya diperoleh melalui keterampilan penerjemahan, dan ini dengan mengorbankan keterampilan lisan, standar penerjemahan rendah. Metode ini lebih menekankan kepada Grammar dan Translation yang mengacu pada ke 4 skills ( reading, writing, speaking and listening).

Penyampaian dari pemateri cukup baik, hanya perlu meningkatkan sedikit tata bahasa yang lebih baik lagi agar audience lebih mudah mengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar