Whole language, sebuah metode yang guru ajarkan tidak hanya
kepada materi nya saja tetapi lebih kepada fungsi2 yang ada didalam materi nya
tersebut, metode ini lebih kepada Writing and Listening. Komponen2 didalam
metode ini antara lain yaitu; reading aloud, journal writing, sustained silent
reading. Karakteristik didalam metode ini yaitu: kelas penuh dengan brang2 yang
sudah di print, murid belajar sesuai degan metode yang guru nya ajarakan,
adanya kerjasama antar murid, aktif didalam kelas, dll. Penilaian didalam
metode ini, semua aktifitas dinilai oleh guru, termasuk sikap dan tingkah laku
siswa. Pemateri menjelaskan nya sangat jelas, tapi kelas kurang hidup dan
kurang bersemangat. Tetapi dia bisa menjawab beberapa pertanyaan dari teman kami.
Natural Approach pertama kali dirintis oleh Tracy D Tarrel(1976)
dan Stephen Kreshen (1977), guru bahasa spanyol dan ahli linguistic. 1983
meliris buku yg berjudl The Natuiral Approach. Eori dari metode ini yaitu, Language
= meaning, Vocabulary + core of language, grammar tidak dipermasalahkan, yang
terpenting satu diantara nya saling mengerti. Tujuan dari metode ini yaitu,
untuk meningkatkan kemampuan setiap murid lebih cepat dalam berbicara. Kelebihan
nya, fast=bisa menguasai bahasa dengan cepat, relax= ketika belajar bahasa
pertama harus santai, effective= lebih efektif untuk anak sd, kekurangan, not
focus= banyak aktifitas didalam metode ini seperti menggambar, menulis, little
time= sedikit waktu dalam menjelaskan. Metode ini tidak terpaku kepada tingkatan
sekolah, tetapi sebaik nya bisa disesuaikan dengan sekolah dasar, karna murid
sd masih bersifat malu-malu dan belum paham, jadi sangat cocok untuk diisi
dengan metode ini. Penjelasan nya cukup baik, pemateri memberikan games dengan
memberikan beberapa potongan kertas yang berisi tulisan yang harus dipraktekkan
dengan menebak apa yang diperagakan oleh teman kami dengan bahasa inggris,
membuat semakin seru dan menarik, penjelasan nya pun cukup jelas dan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar